Ini Satu-Satunya Mobil Listrik yang Ada Tanda Tangan Jokowi

Ini Satu-Satunya Mobil Listrik yang Ada Tanda Tangan Jokowi
Mobil Listrik TTD Jokowi

JAKARTA, SENAYANPOST.com - Sejumlah merek otomotif di Indonesia sudah menawarkan berbagai model mobil listrik dengan spesifikasi yang beragam. Namun, mobil listrik satu ini begitu unik karena memiliki tanda tangan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Kap depan Hyundai Kona EV ini dibubuhi tanda tangan Jokowi. Mobil ini menjadi saksi bisu kunjungan Jokowi ketika Pabrik Hyundai Motor Company di Ulsan, Korea Selatan, pada Selasa (26/11/2019) dalam rangka menjemput investasi Hyundai ke Indonesia.

Presiden Jokowi bersama Ibu Negara Iriana disambut langsung oleh Executive Vice Chairman Hyundai Motor Company, Chung Eui-sun. Presiden berkesempatan melihat mobil-mobil yang ada di sana. Kemudian tidak ketinggalan, presiden membubuhkan tanda tangan di atas kap depan Kona sebagai simbolis kunjungannya.

Setelah kunjungan tersebut, merek asal Korea Selatan tersebut akan melakukan investasi pabrik di Indonesia dengan nilai sekitar USD1,5 miliar. Pabrik ini kini masih tahap pembangunan dan sebentar lagi akan berproduksi menghasilkan mobil untuk kebutuhan dalam dan luar negeri.

"Ini mobil yang ditandatangani oleh Jokowi saat kunjungan Hyundai di Korea Selatan. Mobil ini kini sudah ada di Indonesia dan jadi milik kita," ungkap Director Sales PT Hyundai Motors Indonesia, Erwin DJ, Selasa (26-10-2021).    

Baca Juga

Sebagai informasi, Kona yang ditanda tangani Jokowi ini merupakan edisi lama sebelum mendapatkan penyegaran seperti yang dipasarkan di Indonesia sekarang. Akan tetapi, dari segi performa tidak ada perbedaan yang signifikan karena mengusung teknologi yang sama.

 Saat ini, pihak pabrikan hanya menjual Kona listrik dengan varian Signature dengan harga Rp697 juta (on the road DKI Jakarta). Harga ini masih di atas Hyundai Ioniq dan Nissan Leaf yang sama-sama menawarkan teknologi mobil listrik murni. (medcom)