Ini Dia Kentang Goreng Termahal di Dunia, Harganya 200 Dolar

Ini Dia Kentang Goreng Termahal di Dunia, Harganya 200 Dolar
Kentang goreng termahal

JAKARTA, SENAYANPOST.com - Sebuah restoran mewah di daerah Upper East Side Manhattan, Amerika Serikat memecahkan rekor dunia dengan menciptakan kentang goreng termahal. 

Jika umumnya french fries dihargai kurang dari Rp100 ribu, di restoran Serendipity 3, harga sepiringnya 200 dolar AS atau sekitar Rp2,9 juta.

Kentang goreng mahal itu bernama crème de la crème pomme frites. Pada 13 Juli, Guinness World Records telah mencatatnya sebagai kentang goreng termahal di dunia.

Lalu, bagaimana bentuk crème de la crème pomme frites? Menu special ini terbuat dari jenis kentang Chipperbec yang diklaim sebagai kentang terbaik di dunia.

Untuk membuat crème de la crème pomme frites, kentang yang telah dicuci, dipotong selazimnya bentuk french fries. Setelah itu, kentang disiram air panas lalu dibanjur sedikit cuka dan sampanye.

Kentang lalu digoreng dengan lemak angsa, bukan minyak goreng biasa. Proses ini membuat kentang goreng akan renyah di luar, namun lembut di dalam.

Crème de la crème pomme frites juga ditaburi emas yang bisa di makan dan dibumbui garam serta minyak truffle. Menu yang disajikan di atas piring kristal ini semakin sempurna dengan toping irisan truffle, saus keju mornay, dan jamur musiman yang langka.

"Truffle adalah bintang utama di menu ini," kata Corporate Executive Chef Frederick Schoen-Kiewert, seperti dikutip Republika dari Indian Express, Rabu (28/7/2021).

Sebelumnya, Serendipity juga telah mengklaim rekor dunia untuk burger termahal seharga 295 dolar AS. Restoran itu pun menawarkan es krim sundae seharga 1.000 dolar AS.

"Serendipity adalah tempat yang menyenangkan. Para pelanggan biasa datang ke sini untuk sebuah perayaan, atau untuk melarikan diri dari kenyataan hidup," kata Creative Director Serendipity chef Joe Calderone.

Seperti restoran lainnya, Serendipity mengalami penutupan selama pandemi Covid-19. Setelah buka kembali, Calderone dan Schoen-Kiewert menciptakan kentang goreng mewah untuk menyambut pelanggan.

Strategi untuk menarik pelanggan itu sepertinya berhasil. Serendipity kini memiliki antrean panjang pelanggan yang ingin mencicipi kentang goreng spesialnya. Masa antrean Serendipity kini sudah mencapai delapan hingga 10 pekan.