Ini 6 Tips dan Cara Memotret Hujan Meteor dengan HP

Ini 6 Tips dan Cara Memotret Hujan Meteor dengan HP
Foto/REUTERS

JAKARTA, SENAYANPOST.com - Hujan meteor menjadi salah satu sebuah fenomena langit yang cukup indah untuk disaksikan. 

Oktober sendiri terjadi sejumlah hujan meteor di antara hujan meteor Arid, Draconid dan Orionids yang akan mulai malam ini, Kamis 21 Oktober hingga 22 Oktober.

Cara memotret hujan meteor tidak harus menggunakan kamera profesional, Anda bisa mendapatkan beberapa hasil yang bagus dengan smartphone Anda jika mengikuti tips sederhana ini.

Hujan meteor Orionid merupakan hujan meteor kedua yang mengalami puncaknya pada Oktober setelah hujan meteor Draconid yang mencapai puncaknya pada 8 Oktober lalu.

Kamera smartphone atau HP tidak sehebat kamera DSLR, namun dengan beberapa trik dan perangkat lunak tambahan, ponsel Anda dapat mengambil gambar yang indah dan berkualitas tinggi.

Mengambil foto langit malam yang bagus membutuhkan stabilitas dan cahaya maksimal, jadi penting bagi Anda untuk memiliki alat yang tepat untuk memaksimalkan ponsel dalam menangkap gambar hujan meteor.

Berikut beberapa tips dan cara memotret hujan meteor pakai HP yang bisa dilakukan seperti dilansir CNN Indonesia:

1. Gunakan Tripod

Tripod memastikan ponsel Anda stabil dan tidak ada gerakan yang dapat merusak hasil foto. Gerakan sekecil apa pun dapat mengubah gambar.

2. Gunakan lensa aperture secepat mungkin

Untuk mendapatkan bidikan terbaik dari langit malam, ponsel Anda harus dapat mengumpulkan cahaya sebanyak mungkin.

Dilansir dari Peta Pixel, banyak smartphone terbaru memiliki lebih dari satu lensa kamera. Memilih yang memiliki aperture terluas akan membuat bintang dan meteor lebih terang di foto Anda.

Jika ponsel cerdas Anda menawarkan mode malam, Anda juga harus mengaktifkannya.

3. Download aplikasi long exposure

Long exposure memungkinkan kamera Anda mengambil beberapa bidikan selama periode waktu tertentu, yang penting untuk menangkap sifat cepat meteor.

Beberapa contoh aplikasi long exposure gratis termasuk Easy Long Exposure Camera (iPhone) dan Long Exposure Camera 2 (Android).

Sementara itu, aplikasi berbayar berkualitas premium termasuk Slow Shutter Cam (iPhone) dan Night Camera (Android).

4. Matikan flash dan HDR

HDR atau High Dynamic Range merupakan pengaturan yang memungkinkan kamera untuk mengambil beberapa bidikan secara berurutan, dan menggabungkan tingkat cahaya gambar-gambar tersebut.

HDR bisa dipergunakan untuk memotret langit tetapi cenderung memperlambat kecepatan pengambilan kamera Anda, yang menambah risiko Anda akan kehilangan meteor dalam waktu singkat yang terlihat di langit.

Flash bawaan smartphone Anda sangat kurang bertenaga dan tidak akan membantu sedikitpun, karena flash hanya berfungsi ketika cahaya dapat memantul dari subjek untuk meneranginya.

Karena meteor berjarak sangat jauh, kemungkinan flash hanya akan berguna untuk menerangi elemen latar depan atau langit gelap, yang keduanya tidak akan membantu gambar Anda.

Seperti prinsip astrofotografi, Anda harus menghindari segala jenis polusi cahaya, jadi pastikan flash pada ponsel telah dimatikan.

5. Jangan gunakan zoom

Zoom digital tidak hanya akan menurunkan kualitas gambar, tetapi bahkan kamera dengan lensa zoom optikal juga cenderung memiliki kemampuan yang jauh lebih sedikit untuk mengumpulkan cahaya berkat aperture yang lebih tertutup.

Sebaiknya gunakan saja fokus panjang standar yang tersedia dengan lensa aperture tercepat yang dimiliki ponsel Anda.

6. Ambil foto sebanyak-banyaknya

Pastikan ponsel Anda memiliki cukup ruang untuk menyimpan banyak gambar, karena Anda mungkin perlu menjalankan kamera dalam waktu lama untuk mendapatkan bidikan terbaik.

Itulah sejumlah tips dan cara memotret hujan meteor dengan smartphone atau HP Anda.