Ingin Dapat Kewarganegaran Mesir, Bayar Rp5,6 Miliar

Ingin Dapat Kewarganegaran Mesir, Bayar Rp5,6 Miliar

KAIRO, SENAYANPOST.com – Bagi Anda yang ingin menjadi warga negara Mesir, siapkan dana dulu yang besar. Pasalnya, warga negara asing yang ingin mendapatkan kewarganegaran Mesir harus menyetorkan dana sebesar 7 juta poundsterling Mesir (sekitar Rp5,6 miliar) di bank lokal selama jangka waktu lima tahun.

Diberitakan kantor berita MENA, anggota parlemen Mesir pada Senin (16/7) telah meloloskan rancangan undang-undang investasi kontroversial oleh parlemen negara tersebut.

Melansir dari The New Arab, sesuai dengan rancangan undang-undang tersebut, menteri dalam negeri akan diberi kewenangan untuk memberikan kewarganegaraan kepada orang asing yang tinggal di Mesir dan mendepositokan dana sebesar 7 juta poundstreling setidaknya selama lima tahun berturut-turut.

Para pendukung rancangan undang-undang tersebut berpendapat jika hal tersebut akan dapat mendorong investasi untuk perekonomian Mesir yang tengah krisis akibat ketidakstabilan politik dan masalah keamanan.

Namun peraturan yang seolah menjual kewarganegaraan Mesir kepada warga asing tersebut memicu kritik dari legislator dan juga masyarakat Mesir.

Anggota parlemen oposisi Haitham al-Hariri menuduh pemerintah Mesir telah mengizinkan penjualan kewarganegaraan demi mendatangkan uang dengan cepat.

Anggota parlemen pro-pemerintah, Mustafa Bakri juga menolak rancangan undang-undang dan menyatakan bahwa kewarganegaraan Mesir tidak untuk dijual.

Sedangkan juru bicara parlemen menanggapi kritikan dengan menegaskan bahwa kewarganegaraan Mesir adalah hal yang bernilai dan bukan untuk dijual. (WW)