Ilmuwan NASA Temukan Planet Dekat Mirip dengan Bumi

Ilmuwan NASA Temukan Planet Dekat Mirip dengan Bumi
Gliese 486 b 

JAKARTA, SENAYANPOST.com - Para ilmuwan telah melihat planet yang mengorbit sebuah bintang berjarak relatif dekat dengan tata surya. Planet ini mungkin menawarkan kesempatan untuk mempelajari atmosfer dunia asing yang mirip dengan Bumi.

Planet yang disebut sebagai Gliese 486 b dan diklasifikasikan sebagai Bumi super bukanlah tempat yang menjanjikan untuk kehidupan manusia. Planet ini dinilai tidak ramah, dengan suhu panas dan kondisi kering seperti Venus. Planet ini memiliki kemungkinan memiliki sungai lava yang mengalir di atas permukaannya.

Meski demikian, jarak yang berdekatan dengan Bumi dan ciri-ciri fisik yang mirip membuat Gliese 486 b sangat cocok untuk menjadi objek studi atmosfer dengan teleskop antariksa berbasis darat generasi berikutnya. Studi dimulai dengan menggunakan teleskop luar angkasa James Webb yang dijadwalkan oleh Badan Antariksa Amerika (NASA) untuk diluncurkan pada Oktober mendatang.

Dari studi tersebut nantinya, para ilmuwan mungkin bisa mendapatkan data yang dapat menguraikan atmosfer planet di luar tata surya (exoplanet). Termasuk diantaranya adalah yang mungkin layak huni untuk manusia seperti Bumi.

“Kami mengatakan bahwa Gliese 486 b akan segera menjadi Batu Rosetta exoplanetology, setidaknya untuk planet yang mirip Bumi,” ujar astrofisikawan dan rekan penulis studi José Caballero dari Centro de Astrobiología di Spanyol.

Caballero mengacu pada lempengan batu kuno yang membantu para ahli menguraikan hieroglif Mesir. Sejauh ini, ilmuwan telah menemukan lebih dari 4.300 exoplanet. Beberapa diantaranya adalah planet gas besar yang mirip dengan Jupiter.

Sementara itu, exoplanet lainnya yang ditemukan adalah bentuk dunia lebih kecil dan berbatu seperti Bumi. Ini dianggap sebagai salah satu planet layak huni untuk manusia. Namun instrumen ilmiah saat ini belum banyak memberi petunjuk tentang atmosfernya.

“Planet ekstrasurya harus memiliki konfigurasi fisik dan orbit yang tepat agar sesuai untuk penyelidikan atmosfer,” jelas ilmuwan planet Trifon Trifonov dari Institut Astronomi Max Planck di Jerman, penulis utama penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Science.

Bumi super adalah exoplanet dengan massa lebih besar dari planet manusia saat ini, namun jauh lebih kecil dari raksasa es di tata surya, seperti Uranus dan Neptunus. Massa Gliese 486 b adalah 2,8 kali massa Bumi.

Gliese 486 b terletak sekitar 26,3 tahun cahaya dari Bumi. Ini menjadikannya sebagai salah satu exoplanet terdekat.