Ikan Pari Sengat Mati Ikan Hiu di Pantai Meksiko

Ikan Pari Sengat Mati Ikan Hiu di Pantai Meksiko
Eminetra

JAKARTA, SENAYANPOST.com - Seekor hiu ditemukan mati di sebuah pantai di Meksiko. Hiu itu mati bukan karena terdampar, melainkan karena dibunuh oleh seekor ikan pari.

Buktinya bisa dilihat dari sengat ekor ikan pari yang menancap di kepala sang hiu. Diduga ikan hiu ini kalah bertarung dengan sang ikan pari.

Dikumpulkan detikTravel dari beberapa sumber, Sabtu (6/3/2021), ikan hiu berjenis hiu mako atau Isurus oxyrinchus ini ditemukan dalam kondisi tidak bernyawa oleh nelayan di pantai Cabo, Meksiko.

Semula para nelayan menduga hiu ini mati karena terdampar atau terbawa ombak hingga ke tepian pantai. Namun setelah dilihat lagi, ternyata ada yang aneh dengan bagian kepala si hiu tadi.

Di bagian kepala hiu tadi, tepatnya di antara mata kanan dan kiri, tertancap serpihan yang diduga sebagai sengat ikan pari. Ikan pari memang dilengkapi dengan 'senjata' sengat beracun yang berada pada bagian ekornya.

Presenter acara satwa liar terkenal, Steve Irwin tercatat menjadi korban meninggal akibat sabetan sengat ikan pari. Manusia saja bisa meninggal terkena sengat ikan pari, apalagi ikan hiu.

Karena penasaran, para nelayan akhirnya menarik serpihan sengat ikan pari yang menancap di kepala si ikan hiu tadi. Alangkah terkejutnya mereka, karena sengat yang menancap tadi panjangnya lebih dari 20 centimeter.

Diduga ikan hiu tersebut mati karena kalah bertarung dengan ikan pari. Namun selama ini ikan pari dikenal sebagai ikan yang tidak agresif. Bahkan ikan pari jarang menggunakan sengat beracunnya untuk membela diri.

Ikan Hiu Mako diketahui biasa ditemukan di perairan laut dalam. Selama ini ikan hiu Mako tidak pernah menjadikan ikan pari sebagai mangsanya. Para peneliti sampai saat ini masih mencari penyebab kematian si ikan hiu tadi. Apakah benar karena bertarung dengan ikan pari atau tidak, masih jadi misteri.