Hyundai GV80 Jadi Kendaraan Resmi Saat KTT G20 2022 di Bali

Hyundai GV80 Jadi Kendaraan Resmi Saat KTT G20 2022 di Bali
Hyundai GV80

JAKARTA, SENAYANPOST.com - Pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20, Indonesia menjadi tuan rumah dalam pelaksanaannya pada tahun 2022. Acara ini digelar di Bali dengan 20 negara yang akan hadir.

Untuk menyambut acara tersebut, Pemerintah Indonesia berencana menggunakan kendaraan listrik rakitan dari Hyundai untuk operasional pejabat negara yang hadir.

Hal tersebut disampaikan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dalam acara pameran The Future Electric Vehicle Ecosystem for Indonesia secara fisik.

"Pemerintah juga akan menggunakan kendaraan lisrik berbasis baterai yang sudah berinvestasi di Indonesia sebagai kendaraan resmi untuk G20. Pak Chairman, Presiden tadi sudah menyampaikan, Hyundai akan jadi official dalam G20 nanti, yang kebetulan saya juga ikut dalam pengelola G20 nanti," kata Luhut dalam sambutannya yang ditayangkan secara virtual, Senin (25/10/2021).

Merek Genesis GV80, menjadi pilihan kendaraan yang disediakan oleh Pemerintah Indonesia untuk digunakan selama acara KTT G20 berlangsung. Luhut bilang, apabila ada kepala negara yang hadir tidak berniat menggunakan kendaraan tersebut, tak jadi persoalan.

"Sudah kita pastikan mobil Hyundai Genesis GV80 full electric vehicle dapat digunakan sebagai kendaraan resmi kepala delegasi di Bali nanti. Kalau negara yang tidak mau pakai karena bullet proof, itu urusannya dia. Tapi tiap kepala negara akan mendapatkan kendaraan Hyundai Genesis GV80," ucapnya.

Diberitakan sebelumnya, Presiden Joko Widodo telah membentuk Panitia Nasional Penyelenggara Presidensi G20 Indonesia Tahun 2022. Pembentukan panitia tersebut diatur dalam Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 12 Tahun 2021 yang diteken Jokowi pada 27 Mei 2021.

Selain itu, Pemerintah Indonesia segera menerima Presidensi Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 Tahun 2022 sebagai tuan rumah pada akhir Oktober 2021. Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate mengatakan, penerimaan Presidensi tersebut bertepatan pada pelaksanaan KTT G20 2021 di Roma, Italia.

Plate menjelaskan, Indonesia sebelumnya telah ditunjuk sebagai tuan rumah penyelenggara G20 2022 pada saat pelaksanaan G20 2020 di Riyadh, Arab Saudi, pada November tahun lalu.

Plate mengungkapkan, penunjukkan ini merupakan momentum perdana bagi Indonesia sebagai tuan rumah sejak G20 didirikan.