Honda Resmi Hentikan Produksi Honda Jazz di Indonesia

Honda Resmi Hentikan Produksi Honda Jazz di Indonesia
Ilustrasi

JAKARTA, SENAYANPOST.com - PT Honda Prospect Motor (HPM) memberikan penjelasan mengenai isu berhenti produksinya Honda Jazz di Indonesia. 

Kabar ini sudah berhembus sejak tahun 2019 lalu, dan makin kencang setelah publik menilai HPM bakal mengeluarkan Honda City Hatchback hari ini. Business Innovation and Sales & Marketing Director HPM Yusak Billy mengonfirmasi hal itu.

"Apa City Hatchback RS menggantikan Jazz? Terus terang pertanyaan ini sudah banyak dilontarkan setelah ada isu city hatchback keluar. Untuk saat ini memang kami tidak memproduksi lagi Honda Jazz di Indonesia, namun kami terus mempelajari kebutuhan konsumen, sehingga tidak menutup kemungkinan untuk kembali memasarkan model ini jika ada pasar dan kebutuhan dari konsumen," katanya dilansir CNBC Indonesia, Rabu (3/3/2021).

Keputusan ini muncul setelah HPM melihat Honda City lebih bisa menjadi andalan di segmen hatchback. Bahkan, Honda sudah melakukan riset atau studi semenjak dua tahun lalu, yakni ketika momen Tokyo Motor Show 2019.

"Kami menilai Karakter City Hatchback RS dapat memenuhi keinginan dari target market segmen hatchback di Honda, terutama mereka yang sebelumnya menyukai Jazz," papar Billy.

Hilangnya Jazz dari fokus produksi Honda di Indonesia memang menjadi pertanyaan dari banyak pihak, termasuk dari komunitas. 

Padahal, sejak 2014 Honda Jazz tak lagi diimpor dari Thailand, melainkan sudah digarap di Karawang, Jawa Barat dengan material atau Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) di awal mencapai 72 persen.