Honda Bakal Hentikan Produksi Mobil Bensin pada 2040

Honda Bakal Hentikan Produksi Mobil Bensin pada 2040
Mobil Listrik Honda

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Honda menegaskan akan mulai menghentikan produksi mobil konvensional atau berbahan bakar bensin pada 2040. Pabrikan asal Jepang tersebut akan beralih sepenuhnya pada mobil listrik.

Hal tersebut disampaikan oleh CEO teranyar Honda, Toshihiro Mibe, yang ditunjuk pada April 2021. Mibe menegaskan bila keputusan Honda ini demi mendukung target pemangkasan karbon pemerintah Jepang.

"Saya yakin bahwa produsen mobil juga bertanggung jawab untuk mencapai target bebas karbon kami sendiri," kata Mibe, seperti dikutip oleh The Verge.

Rencana keren dari Honda meningkatkan rasio penjualan mobil listrik dan mobil fuel cell ke 100 persen pada 2040. Lalu, Honda juga menargetkan penjualan mobil listrik serta fuel cell naik jadi 40 persen pada 2030 dan menjadi 80 persen pada 2035.

Putusan ini juga tak lepas dari Perdana Menteri Jepang, Yoshihide Suga mengatakan bahwa Jepang ingin memangkas 46 persen emisi pada 2030. Walau sulit, Mibe yakin target tersebut tercapai.

"Meski target pemerintah sangat sulit, tetapi saya percaya bahwa itu bisa dicapai melihat bahwa Jepang ingin menjadi negara netra karbon pada 2050," ujar Mibe.

Honda pertama kali meluncurkan mobil listri murni bertenaga baterai pada Agustus 2020. Selanjutnya, Honda akan berinvestasi sekitar 5 triliun yen atau sekitar Rp672 triliun untuk keperluan riset, termasuk mengembangkan teknologi mobil listrik dalam enam tahun ke depan.