Hanya Berselang 3 Menit, Gempa Guncang Purbalingga dan Tobelo

Hanya Berselang 3 Menit, Gempa Guncang Purbalingga dan Tobelo

JAKARTA, SENAYANPOST.com - Dua lokasi berbeda di Indonesia diguncang gempa bumi dalam waktu hampir bersamaan pada Kamis (14/1/2021) dini hari. Gempa pertama mengguncang Purbalingga, Jawa Tengah, dan gempa kedua menggoyang Tobelo, Maluku Utara.

Menurut laman resmi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan wilayah Tobelo, diguncang gempa dengan magnitudo 5 pada pukul 00.33 WIB, dengan pusat gempa berada pada 1,56 LU dan 128,21 BT.

"Pusat gempa berada di laut 30 km tenggara Tobelo," tulis akun Twitter BMKG. 

Kedalaman pusat gempa 10 kilometer, lanjut BMKG, merupakan gempa dangkal.

Guncangan gempa dirasakan dengan skala Modified Mercalli Intensity (MMI) II-III di Tobelo, II-III di Galela, II-III di Morotai.

Pada skala II MMI getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang, sedangkan pada skala III getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu.

Sementara itu, empa dengan magnitudo 3,6 yang terjadi di Purbalingga hanya berselang 3 menit, yaitu  pada Kamis pukul 00.36.51.

Pusat lokasi gempa berada di 7.62 LS, 109.38 BT. "Pusat gempa berada di darat 26 km tenggara Purbalingga," tulis akun twitter BMKG.

Kedalaman pusat gempa 10 kilometer atau merupakan gempa dangkal. Guncangan gempa dirasakan pada skala MMI II di Purwokerto, II di Kebumen, II di Banyumas.

Sementara itu, tidak ada peringatan potensi tsunami dari gempa Tobelo. (Jo)