Gubernur Lampung Apresiasi Program Jalan Tol Hijau di Ruas JTTS

Gubernur Lampung Apresiasi Program Jalan Tol Hijau di Ruas JTTS
Jalan tol di Lampung. (foto-achmad sadad)

LAMPUNG, SENAYANPOST.com - Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi, memberikan apresiasi kepada pengelola Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS) atas program Jalan Tol Hijau yang ramah lingkungan bagi pengendara sekaligus menjaga kelestarian alam di ruas jalan tol ini.

"Pemprov dan PT Hutama Karya harus concern terhadap hal ini agar visioner. Bukan hanya kaya manfaat, tapi juga menjadi  jalan tol yang indah dan nyaman dengan mengedepankan kajian ekologi," kata Gubernur Arinal saat ditemui wartwan di Novotel Lampung, Kamis (10/6/2021).

Menurutnya, pembangunan ini dilakukan dengan pendekatan estetis dan ekologis. Pohon yang ditanam kaya akan manfaat. Tak hanya penghijauan namun juga memberi manfaat ekonomi bagi masyarakat setempat.

Adanya penanaman ini, ia yakin JTTS dapat menjadi pengungkit pertumbuhan sektor ekonomi di Provinsi Lampung. Nantinya tanaman yang menghasilkan itu bisa dimanfaatkan dan warga bisa dirangkul untuk ikut andil dalam produksi. 

Sebelumnya, pengelola Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS) melakukan penghijauan serentak di seluruh jalan tol yang telah beroperasi. Lebih dari 1000 pohon ditanamkan pada masing-masing jalan tol dengan jenis pohon yang berbeda-beda sesuai rekomendasi yang diberikan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) selaku regulator. 

Ratusan pohon yang ditanam itu, di antaranya Pohon Mangga di Ruas Bakauheni-Terbanggibesar, Pohon Rambutan dan Kayu Putih di Ruas Terbanggibesar-Pematang Panggang-Kayuagung, Pohon Sengon di Ruas Palembang-Indralaya, Pohon Pucuk Merah di Ruas Medan-Binjai, Pohon Mangga dan Jambu di Ruas Pekanbaru-Dumai, serta Pohon Pinang di Ruas Sigli-Banda Aceh Seksi 3 & 4. 

Direktur Operasi III Hutama Karya, Koentjoro, mengatakan penanaman pohon ini merupakan salah satu program yang dirutinkan oleh Divisi Operasi dan Pemeliharaan Jalan Tol Hutama Karya. Pihaknya berkomitmen untuk selalu mengimbangi pengelolaan infrastruktur yang optimal dengan mendukung kelestarian alam.

"Pada Hari Bumi dan Hari Keanekaragaman Hayati juga telah dilakukan kegiatan penghijauan dengan menanamkan total sebanyak kurang lebih 2500 pohon yang ditanamkan secara serentak di ruas tol yang beroperasi,” ujar Koentjoro.

Program ini, jelas dia, akan terus berlanjut di setiap peringatan yang berhubungan dengan lingkungan. Diperkirakan hingga akhir tahun ini, jika ditotalkan akan ada sebanyak total 11.000 pohon yang akan ditanamkan di seluruh ruas tol yang telah beroperasi. (Jo)