Final Thomas Cup 2020

Ginting Menang, Indonesia Unggul 1-0

Ginting Menang, Indonesia Unggul 1-0
Dok. PBSI

JAKARTA, SENAYANPOST.com - Anthony Ginting membawa Indonesia unggul 1-0 atas China usai mengalahkan Lu Guang Zu 18,21 21-14, 21-16 di final Thomas Cup 2021 (Thomas Cup 2020) di Ceres Arena, Ahad (17/10/2021) malam.

Saling balas smes terjadi pada awal gim pertama yang membuat skor imbang 1-1. Lu Guang Zu mengambil inisiatif menyerang sejak awal.

Dalam beberapa momen Ginting kesulitan mengembalikan smes dari Lu. Akan tetapi, satu smes menyilang dari Lu yang menyangkut di net membuat skor imbang 5-5.

Lu yang kini menempati peringkat 27 dunia cukup percaya diri melawan Ginting. Kombinasi smes tajam dan permainan net dari Lu membuat Ginting tertinggal 7-10.

Permainan net yang apik dari Lu membuat pengembalian kok dari Ginting menyangkut di jaring. Lu unggul 11-8 di interval gim pertama.

Tiga poin beruntun yang didapat Ginting dari smes keras membuat skor kembali imbang 13-13. Hanya saja, dua kesalahan dari Ginting lewat pukulan yang terlalu melebar dan pengembalian bola yang tersangkut di net membuat Lu unggul 15-13.

Lucky ball dari Lu membuat Ginting kembali tertinggal dua angka 15-17. Placing yang tidak bisa dijangkau Ginting membuat Lu unggung 20-18. Lu menutup gim pertama dengan keunggulan 21-18 setelah smes kerasnya tidak bisa dikembalikan Ginting dengan baik.

Ginting sempat tertinggal pada awal gim kedua, namun atlet 24 tahun itu bisa berbalik unggul 5-3. Empat angka beruntun yang diraih membuat Ginting menjauh dengan keunggulan 7-3.

Pada gim kedua Ginting meningkatkan variasi permainan, baik lewat lob, drop shot, maupun smes keras. Kombinasi tersebut terbukti membuat Ginting unggul 9-3.

Raihan lima poin Ginting terhenti setelah smes keras Lu tidak bisa dikembalikan dengan baik. Bola tanggung Ginting di depan net dimanfaatkan dengan baik oleh Lu, skor 5-9. Smes dari Lu yang keluar lapangan membuat Ginting unggul 11-5 pada interval gim kedua.

Setelah Ginting unggul 14-6, Lu sukses mencuri gua poin guna memperpendek jarak. Tetapi penempatan bola yang apik membuat Ginting kembali unggul 15-8.

Pengembalian kok yang terlalu panjang membuat Ginting unggul 20-14. Ginting menutup gim kedua dengan kemenangan 21-14 setelah bola dari Lu tidak bisa melewati net. Permainan dilanjutkan ke rubber gim.

Sempat tertinggal 0-1 di awal gim ketiga, Ginting berbalik unggul 5-1. Smes menyilang ke sisi kiri Lu membuat Ginting meraih lima poin beruntun.

Usai unggul 7-2 Ginting terlihat mulai nyaman menikmati permainan. Bola tanggung yang diangkat Lu tidak diisia-siakan Ginting. Lewat smes keras, Ginting unggul 8-2.

Ginting masih mendominasi permainan usai unggul 11-4 di interval gim ketiga. Lu bisa mencuri dua poin, namun Ginting membalas dengan meraih dua poin lain yang membuat skor jadi 13-6.

Sejumlah kesalahan yang dilakukan Lu membuat Ginting menjauh. Pukulan Lu yang terlalu kuat membuat kok keluar bidang permainan, Ginting unggul 18-10.

Hasrat Ginting menyudahi permainan terhambat setelah LU meraih tiga poin beruntun setelah Ginting gagal mengembalikan bola, skor 14-19. Bola tanggung dari Lu disambar dengan smes yang mengubah poin jadi 20-14. 

Pengembalian bola yang keluar membuat Ginting menutup laga dengan skor 21-16. Indonesia unggul 1-0 atas China di final Thomas Cup 2021.