Gempa Kembali Guncang Bolsel, BMKG Pastikan Tak Ada Potensi Tsunami

Gempa Kembali Guncang Bolsel, BMKG Pastikan Tak Ada Potensi Tsunami
Gempa tektonik kembali mengguncang Bolsel. (Foto BMKG)

JAKARTA, SENAYANPOST.com - Gempa bumi kembali mengguncang wilayah Teluk Tomini. Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo 4,8. Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 0,26 Lintang Selatan (LS) dan 124,46 Bujur Timur (BT).

Pusat gempa bumi berada di laut, berjarak 88 km arah tenggara Kota Bolaang Uki, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), Sulawesi Utara (Sulut) pada kedalaman 10 km.

Kepala Seksi (Kasi) Data dan Informasi BMKG Sulut, Edward H Mengko mengatakan, bahwa dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas subduksi lempeng laut Maluku.


"Ada subduksi lempeng laut Maluku. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan sesar naik (thrust fault)," ujarnya, Kamis (29/10/2020).

Guncangan gempa bumi ini menurutnya dirasakan di daerah Kotamobagu dengan skala I-II MMI. Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotenai tsunami.

"Gempa bumi ini merupakan gempa bumi susulan dari gempa utama yang terjadi pada 28 Oktober 2020 pukul 17.08 WITA. Hingga hari Kamis (29/10/2020) pukul 09.30 WIB, sudah tercatat satu kali gempa bumi susulan (aftershock)," pungkas Mengko. (ws)