Gantikan Yudi Latif, Hariyono Jabat Plt Kepala BPIP

Gantikan Yudi Latif, Hariyono Jabat Plt Kepala BPIP

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Hariyono telah ditunjuk sebagai pelaksana tugas (Plt) Ketua Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) yang lowong sejak ditinggalkan Yudi Latief.

“Sementara ini (ketua BPIP) dipegang oleh Prof Hariyono yang berasal dari Malang,” ujar anggota Dewan Pengarah BPIP Said Aqil, di Jakarta, Kamis (18/7/2018).

Sebelumnya Hariyono menjabat Wakil Kepala BPIP sebelum Yudi memutuskan mundur pada Juni.

Guru Besar Universitas Negeri Malang itu pernah menjabat sebagai Deputi Bidang Advokasi Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila (UKP-PIP) sebelum lembaga itu berubah nama menjadi BPIP.

Said mengatakan pihaknya masih melakukan pembahasan baik secara internal maupun bersama Presiden Joko Widodo untuk menentukan siapa yang mengisi Ketua BPIP definitif.

“Belum belum [yang definitif]. Tapi lagi kita minta masukan dulu,” ujarnya.

Said Aqil mengakui pihaknya telah memakan waktu yang cukup lama untuk menentukan ketua umum yang definitif.

BPIP saat ini masih melakukan restrukturisasi dan mencari personel untuk mengisi jabatan di tingkat eselon I, eselon II dan kedeputian. Said memastikan pengganti Yudi akan ditetapkan setelah seluruh posisi yang kini kosong sudah terisi.

“Soalnya kita masih membuka posisi eselon satunya, deputi-deputi dan eselon dua. Eselon satu langsung kita yang wawancarai,” ujarnya.

Haroyono mengonfirmasi bahwa dirinya telah ditunjuk untuk menjabat sebagai plt Ketua BPIP sebelum ditetapkannya posisi ketua yang definitif.

“Iya benar, mulai menjabatnya sejak tanggal 2 Juli kemarin,” kata Hariyono saat dihubungi wartawan, Kamis (18/7). (JS)