Gak Laku, Startup Ponsel Buatan Bapak Android Ini Gulung Tikar

Gak Laku, Startup Ponsel Buatan Bapak Android Ini Gulung Tikar

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Satu lagi perusahaan rintisan atau startup di Amerika Serikat (AS) gulung tikar. Kali ini startup yang memproduksi ponsel merek Essential yang hanya berusia tiga tahun.

Setelah menghentikan penjualan dan produksi ponselnya awal 2019, kini perusahaan ini memutuskan untuk berhenti operasi atau gulung tikar.

Essential merupakan startup yang didirikan Andy Rubin, pria yang dijuluki bapak sistem operasi (OS) Android. Selama berdiri perusahaan ini hanya memproduksi satu jenis ponsel Essential Phone PH-1 yang diluncurkan 2017 silam.

Essential dikenal sangat cepat dalam menggulirkan pembaruan Android dibandingkan vendor smartphone lainnya. Sayangnya ponsel ini kurang mendapat sambutan baik dari masyarakat. Ponsel ini hampir tak laku di pasar.

Essential juga dikenal sebagai ponsel pertama yang hampir tanpa bezel, yang kemudian ditiru produsen ponsel lain.

Baca Juga

Dalam pengumuman resmi, seperti dikutip CNBC Indonesia, Jumat (13/2/2020) manajemen memutuskan untuk menghentikan operasi dan mematikan essential. Patch keamanan yang rilis Februari lalu merupakan pembaruan terakhir yang akan diterima ponsel Essential Phone.

“PH-1 akan terus berfungsi tetapi tidak akan memberikan pembaruan atau dukungan layanan tambahan apapun,” ujar manajemen.

Pengguna Current Newton Mail masih akan bisa diakses hingga April 2020. Manajemen juga tetap memperbarui GitHub, yang digunakan untuk menemukan celah keamanan di ponsel.