Fokus Bisnis Antariksa, Hari Ini Jeff Bezos Tinggalkan Kursi CEO Amazon

Fokus Bisnis Antariksa, Hari Ini Jeff Bezos Tinggalkan Kursi CEO Amazon
Jeff Bezoz

WASHINGTON, SENAYANPOST.com - Terhitung mulai hari Senin (5/7/2021), Jeff Bezos resmi mundur sebagai CEO Amazon.com Inc. Bezos mundur setelah 27 tahun membesarkan perusahaan teknologi multinasional Amerika Serikat (AS) itu.

Jeff Bezos meninggalkan Amazon setelah membangunnya dari perusahaan penjual buku online menjadi satu dari empat perusahaan raksana teknologi bersama-sama dengan Google, Apple dan Facebook. 

Saat ini, Amazon memiliki nilai pasar lebih dari 1,7 triliun dolar AS. Pada 2020, Amazon meghasilkan pendapatan sebesar 386 miliar dolar AS dari operasi di e-commerce, komputasi awan, bahan makanan, kecerdasan buatan, media streaming, dan banyak lagi. 

Menurut perusahaan riset eMarketer, Amazon mendominasi ritel online, yang menyumbang sekitar 41 persen dari semua penjualan online. 

Tak hanya itu, Amazon juga membantu merintis layanan komputasi awan, dan merupakan kekuatan dalam industri periklanan, di mana sekarang bersaing dengan raksasa iklan Alphabet Inc. Google dan Facebook Inc. 

Dalam beberapa tahun terakhir, Jeff Bezos telah membawa Amazon masuk lebih dalam ke kehidupan sehari-hari orang AS melalui layanan streaming dan perangkat pintarnya, yang membuat Amazon mempertahankan cengkeramannya bahkan ketika persaingan di industri ini semakin memanas.  
Seperti diketahui, Jeff Bezos telah mengumumkan akan meninggalkan peran CEO dan hanya memegang posisi Ketua Eksekutif. Selanjutnya, dia akan fokus pada bisnis antariksa, filantropi, dan real estat. 

Posisi CEO Amazon akan diserakan Jeff Bezos kepada CEO Amazon Web Services, Andy Jassy.  Melalui perusahaan antariksanya, Blue Origin, Jeff Bezos mengekplorasi luar angkasa dan akan mengadakan perjalanan perdananya bersama roket New Shepard, pada 20 Juli 2021. 

Kepergian Bezos meninggalkan pertanyaan tentang masa depan Amazon karena menghadapi banyak pengawasan peraturan dan kritik dari para aktivis.  
Anggota parlemen AS sedang mempertimbangkan langkah yang akan mempermudah pembubaran Amazon, di tengah kekhawatiran bahwa segelintir perusahaan teknologi besar menjadi terlalu dominan. 

"Bezos telah menjadi pemimpin transformasi dalam penjualan buku, pasar ritel, komputasi awan, dan pengiriman ke rumah," kata Darrell West, rekan senior di Pusat Inovasi Teknologi Brookings Institution, seperti dikutip AFP, Minggu (4/7/2021). 

Menurut West, Jeff Bezoz adalah pelopor yang memperkenalkan banyak kemudahan yang dianggap biasa oleh orang-orang, seperti pergi ke toko online, memesan sesuatu, dan mengirimkannya ke rumah Anda keesokan harinya.  

"Seluruh sektor e-commerce berutang banyak inovasinya. kepada individu ini," ujar West. (Jo)