Erick Thohir Optimistis 12 BUMN Bakal IPO dalam 3 Tahun ke Depan

Erick Thohir Optimistis 12 BUMN Bakal IPO dalam 3 Tahun ke Depan
Erick Thohir

JAKARTA, SENAYANPOST.com - Menteri BUMN Erick Thohir mengaku tengah mempersiapkan sejumlah BUMN, serta anak dan cucu BUMN untuk bisa melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI). Erick mengatakan IPO (Initial Public Offering) ini akan dilakukan bertahap dalam tiga tahun ke depan.

“Di pipeline, saya enggak mau bilang angka fix-nya, nanti dicari-cari. Tapi ada 8 sampai 12 yang kita akan go public-kan. 8 sampai 12 ini kita siapkan untuk 2021, 2022, 2023. Insyaallah dengan kerja keras kami dan dukungan OJK, bursa dan seluruh penganut kebijakan ini bisa kita jalankan sesuai dengan target yang dicanangkan,” ujar Erick di Main Hall Bursa Efek Indonesia, Kamis (4/2/2021).

Meski demikian, Erick menyatakan rencana listing tersebut bukan sekadar ajang gagah-gagahan. Erick memastikan bahwa BUMN yang akan melantai di bursa benar-benar memiliki fundamental dan kerberlanjutan bisnis yang potensial.

Saat ini sudah ada 28 BUMN yang go public. Sayangnya empat BUMN di antaranya memiliki kinerja yang kurang baik. “Karena saya tahu ada empat (BUMN) yang terengah-engah. Itu yang kita akan perbaiki juga. Karena jangan hanya sekadar listing, tetapi kuncinya tadi bersaing dan suistainbility-nya,” ujar Erick.

Erick meyakinkan bahwa perusahaan yang disiapkan untuk go public merupakan perusahaan-perusahaan sehat yang mempunyai strategi jangka panjang. Menurut Erick, banyak BUMN saat ini dinilai ‘seksi’ karena memiliki road map atau strategi jangka panjang yang jelas dan menjanjikan dari segi bisnisnya.

Beberapa BUMN memiliki strategi jangka panjang untuk mengembangkan EV battery hingga teknologi digital untuk mendukung bisnis di masa depan. Tidak hanya soal strategi, Erick juga memastikan deretan BUMN yang antre masuk bursa ini juga akan memberikan layanan yang prima bagi masyarakat.

"Dan Insyaallah perusahaan yang akan listing ini perusahaan baik, yang mempunyai strategi jangka panjang. Kalau kita dilihat kenapa banyak BUMN juga sekarang seksi karena roadmapnya jelas,” tandasnya.