Dugaan Korupsi Aa Umbara, KPK Temukan Barang Bukti Baru

Dugaan Korupsi Aa Umbara, KPK Temukan Barang Bukti Baru
Aa Umbara saat demo Ciptaker

BANDUNG, SENAYANPOST.com - Penyidik KPK kembali melakukan penggeledahan ke beberapa tempat di Kabupaten Bandung Barat berkaitan dengan dugaan korupsi yang menjerat Bupati Aa Umbara Sutisna. Dari penggeledahan, KPK menyita sejumlah barang bukti.

"Rabu (7/4/2021) tim penyidik KPK telah melakukan penggeledahan di lima lokasi yang berada di wilayah Lembang, Kabupaten Bandung Barat," ujar Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri dalam keterangannya, Kamis (8/4/2021).

Ali tak merinci kelima lokasi yang digeledah KPK kemarin itu. Namun yang pasti, kata Ali, lokasi yang digeledah berkaitan dengan tersangka Aa Umbara.

"Rumah kediaman dari pihak-pihak yang ada hubungan keluarga dengan tersangka AUS dan diduga mengetahui rangkaian perbuatan para tersangka dalam perkara ini," tuturnya.

Dalam penggeledahan itu, KPK menemukan beberapa alat bukti. Bukti tersebut kemudian disita oleh KPK untuk dilakukan penyelidikan.

"Pada lima lokasi tersebut, ditemukan dan diamankan berbagai bukti di antaranya dokumen yang diduga terkait dengan perkara," ucap dia.

"Selanjutnya bukti-bukti ini akan divalidasi dan dianalisis untuk segera diajukan penyitaannya guna menjadi barang bukti dalam berkas penyidikan perkara dimaksud," kata Ali menambahkan.

Sebelumnya, KPK menetapkan Aa Umbara beserta Totoh Gunawan dan Andri Wibawa sebagai tersangka dugaan suap terkait pengadaan barang tanggap darurat bencana pandemi COVID-19. Aa Umbara diduga menerima uang suap sekitar Rp 1 miliar.

Dari pengadaan ini Totoh Gunawan diduga telah menerima keuntungan sejumlah sekitar Rp 2 miliar. Sedangkan Andri Wibawa juga diduga menerima keuntungan Rp 2,7 miliar.