Disebut Menpora Tak Dikenal Publik, Fajar Alfian: Daku Bukan Siapa-siapa, Yang Penting Berikan Hasil Terbaik

Disebut Menpora Tak Dikenal Publik, Fajar Alfian: Daku Bukan Siapa-siapa, Yang Penting Berikan Hasil Terbaik
Fajar Alfian

JAKARTA, SENAYANPOST.com -  Pemain bulu tangkis ganda putra Indonesia, Fajar Alfian menanggapi pernyataan Menpora Zainuddin Amali yang mengaku tak mengenalnya dan pasangannya, Muhammad Rian Ardianto. Ia membuat tanggapan saat melakukan siaran langsung di akun Instagramnya, Selasa, 19 Oktober 2021.

"Gak papa daku mah bukan siapa-siapa ya, Jom yah? Siapa aku tuh, enggak papa. Enggak dikenal juga. Yang penting memberikan yang terbaik," kata dia kepada Muhammad Rian Ardianto yang akrab dipanggil Jombang atau Jom. Cuplikan tanggapan ini beredar viral di berbagai media sosial.

Dalam cuplikan di salah satu stasiun televisi swasta dan beredar viral di media sosial terutama Twitter, Menpora Zainuddin menanggapi kemenangan pasangan ganda putra dalam final Thomas Cup. Ia salah menyebut Fajar dan Rian pemain tunggal putra yang masih baru.

"Ada tunggal putra kita yang baru. Fajar dan Rian yang sebelum-sebelumnya, kan, publik itu tidak kenal dengan mereka. Saat itu mereka ditampilkan dan bahkan menang dalam dua set langsung," kata Amali dalam cuplikan yang tersebar di media sosial. Pernyataan itu membuat geger di media sosial. Warganet kesal dengan pernyataan tak elok yang diucapkan oleh seorang menteri yang mengurus olahraga. Mereka balik membalas lebih mengenal Fajar / Rian ketimbang Zainuddin Amali sebagai Menpora.

Pasangan Fajar dan Rian berperingkat tujuh dunia dan sudah bertahuh-tahun dipasangkan. Selain menyumbang poin untuk membawa Piala Thomas ke Indonesia, mereka juga peraih medali perak di Asian Games 2018 dikalahkan oleh pasangan Marcus Fernaldi Gideon - Kevin Sanjaya Sukomuljo.

Belakangan, Menpora mengklarifikasi pernyataannya sendiri. Ia membantah tak mengenal Fajar Alfian dan Muhammad Rian Ardianto.

"Mana berita tentang Fajar dan Rian yang tidak dikenal itu? Padahal yang saya maksud itu, saya memuji strategi pelatih ganda putra kita karena menurunkan Fajar/Rian yang mungkin saja pihak lawan belum terlalu mengenal permainan mereka, karena posisi rangking pasangan ini di bawah Marcus/ Kevin atau Hendra/Ahsan yang sudah menempati peringkat atas atau pola permainannya sudah sangat dikenal oleh lawan," ujar Zainudin.

Pernyataan bernuansa ngeles ini juga viral. Semua pecinta bulu tangkis pasti mengenal Fajar Alfian / Muhammad Rian Ardianto. Pihak lawan pun sudah tahu gaya bermain pasangan asal Bandung dan Bantul dan sekarang tengah mengikuti Denmark Open itu. (tempo)