Digitalisasi UMKM Bangkitkan Ekonomi Lokal

Digitalisasi UMKM Bangkitkan Ekonomi Lokal
Eddy Satriya

JAKARTA, SENAYANPOST.com - Deputi Usaha Mikro Kementerian Koperasi dan UKM, Eddy Satriya mendukung antusias penyelenggaraan PON XX Papua 2021 yang menjadi ajang sentral perhatian para olahragawan.

Ia menambahkan, berbagai asosiasi dan pelaku ekonomi, khususnya Papua menyimpan banyak talenta, local wisdom, local food product bisa dimanfaatkan dengan baik, kemudian ditambah dengan aspek digitalisasi, on boarding dengan berbagai platform bakal bisa membangkitkan ekonomi lokal. 

Tidak hanya itu, Eddy dalam keterangan pers, Sabtu (18/9/2021), juga menyampaikan UMKM lokal Papua bisa memaksimalkan pemanfaatan aplikasi-aplikasi, e-commerce, digitalisasi dalam berbagai bentuk dan dalam berbagai tujuan untuk pengembangan ekonomi, khususnya ekonomi masyarakat level mikro ini bisa sekaligus hand in hand dengan Pesta PON XX Papua 2021. 

Ia menggaris bawahi, statistik yang sudah banyak dikutip tentang pelaku UMKM di Indonesia yang meliputi hampir 99,8% pelaku usaha di Indonesia yang terdiri daripada UMKM khususnya pelaku usaha mikro. 

Kontribusi UMKM di sektor UMKM kepada PDB sebesar 60% begitu juga di sektor investasi yang hampir sama angkanya dan yang terpenting adalah penyerapan tenaga kerja 97% terserap di UMKM. 

Pada tahun 1998 UMKM bisa menjadi penolong ekonomi dan ketika krisis finansial global di tahun 2008 menjadi penyangga ekonomi, namun kita melihat hari ini UMKM cukup terpuruk ketika pandemi covid-19 melanda negeri ini.

Karena itu pemerintah bertindak cepat dengan menerapkan PEN (Program Ekonomi Nasional) yang menggelontorkan sekitar 700 T dari anggaran APBN, 1/6 dari anggaran tersebut dimanfaatkan untuk menjaga UMKM agar tidak terpuruk, tidak keluar dari bisnis mereka dan dapat bertahan melewati pandemi ini.

Semuel A. Pangerapan selaku Dirjen Aptika Kementerian Kominfo menyampaikan yang harus selalu kita ingat dalam proses transformasi digital adalah nobody left behind, dimana rekan-rekan UKM juga harus diikutsertakan dalam proses transformasi digital Indonesia. 

"Karena dengan adanya momentum ini, rekan UKM dapat memanfaatkan perkembangan      teknologi yang ada untuk membangun strategi-strategi baru, salah satunya strategi penjualan di dunia digital,” katanya. (Jo)