Didominasi Lapangan Usaha, Ekonomi Lampung Tumbuh 2,07 Persen

Didominasi Lapangan Usaha, Ekonomi Lampung Tumbuh 2,07 Persen
Ilustrasi (NET)

LAMPUNG, SENAYANPOST.com - Badan Pusat Statistik (BPS) Lampung mencatat, pada triwulan III-2021 ekonomi Provinsi Lampung mengalami pertumbuhan sebesar 2,07 persen dari triwulan sebelumnya (q-to-q).

"Pertumbuhan ekonomi Lampung didukung oleh lebih separuh lapangan usaha yang tumbuh positif," kata Kepala BPS Lampung, Faizal Anwar, dalam keterangannya, Jumat (5/1/2021).

Ia menyebut, lapangan usaha yang memiliki pertumbuhan tertinggi dicapai oleh pengadaan listrik dan gas yang tumbuh 10,71 persen, jasa kesehatan dan kegiatan sosial tumbuh 9,36 persen serta industri pengolahan tumbuh sebesar 9,34 persen. 

Sedangkan, perdagangan besar-eceran dan reparasi mobil dan sepeda motor sebagai salah satu lapangan usaha dominan dalam perekonomian Provinsi Lampung dalam pertumbuhannya hanya tumbuh sebesar 0,70 persen.

Selain pertumbuhan, sejumlah lapangan usaha mengalami kontraksi, terutama terjadi pada lapangan usaha pertambangan dan penggalian serta jasa lainnya, masing-masing terkontraksi sebesar 3,50 persen dan 3,46 persen.

Baca Juga

Pada triwulan III-2021 ini, produk domestik regional bruto (PDRB) Provinsi Lampung menurut lapangan usaha atas dasar harga berlaku tidak menunjukkan perubahan signifikan.

Beberapa lapangan usaha yang mendominasi perekonomian Lampung berasal dari lapangan usaha pertanian, kehutanan, dan perikanan sebesar 29,94 persen serta industri pengolahan sebesar 19,70 persen.

Kemudian, perdagangan besar dan eceran, serta reparasi mobil-sepeda motor sebesar 11,39 persen serta konstruksi sebesar 9,48 persen. Dalam perekonomian Provinsi Lampung, peranan keempat lapangan usaha ini mencapai 70,50 persen.