Desa Ini Tandai Warga Belum Vaksin dengan Lambang Tengkorak dan Tulang

Desa Ini Tandai Warga Belum Vaksin dengan Lambang Tengkorak dan Tulang
Ilustrasi tengkorak (Foto/Thinkstock)

JAKARTA, SENAYANPOST.com - Polisi di wilayah perdesaan India menggunakan cara tak biasa yakni dengan memerintahkan warganya yang belum divaksinasi corona untuk menggunakan lambang tengkorak dan tulang bersilang--simbol universal untuk tanda bahaya.

Hal tersebut menyebabkan kemarahan di berbagai wilayah India. Hal ini lantran India masih berada dalam situasi kekurangan stok vaksin COVID-19.

Para petugas kepolisian di Distrik Niwari, negara bagian Madhya Pradesh, mengaku memberlakukan kebijakan tersebut untuk lebih menggalakkan program vaksinasi di India,

“Melihat rendahnya laju vaksinasi di distrik kami, kami memutuskan untuk menghormati orang-orang yang telah divaksinasi. Lalu, kami juga melihat masih banyak orang yang belum disuntik vaksin,” ujar seorang petugas kepolisian, Santosh Patel, seperti dikutip kumparan dari Reuters pada Kamis (10/6/2021).

“Jadi, untuk memberikan pelajaran dan mendorong mereka untuk mau divaksinasi, kami bersumpah untuk membuat mereka disuntik secepat mungkin,” lanjutnya.

Sementara itu, bagi warga sudah vaksinasi akan diberikan sebuah simbol dengan warna bendera India yang bertuliskan, “saya seorang nasionalis.”

Untuk yang belum divaksinasi tak cuma menggunakan lambang tengkorak dan tulang. Harus pula ada tulisan “jangan dekat-dekat, saya belum divaksinasi. Mohon jauh-jauh dari saya.”

Patel memperlihatkan sebuah video yang menunjukkan situasi di suatu distrik di Madhya Pradesh. Beberapa orang terlihat menggunakan lambang tersebut, yang disematkan di dada mereka.

Kebijakan tersebut ternyata tidak disambut dengan baik oleh warga internet. Para pengguna media sosial mengungkapkan kemarahannya dan menyebut kebijakan itu sebagai “hinaan” dan “menimbulkan stigma”.

Baru sekitar 14% dari penduduk Madhya Pradesh telah divaksinasi satu dosis. Tingkat vaksinasi di wilayah perdesaan seperti Niwari merupakan salah satu yang terendah di seluruh India.