China Sumbangkan Stadion Baru Berbentuk Kapal ke Kamboja

China Sumbangkan Stadion Baru Berbentuk Kapal ke Kamboja
Stadion Baru Kamboja

JAKARTA, SENAYANPOST.com - Kamboja kini memiliki stadion baru. Namun, itu bukan hasil pembangunannya sendiri, melainkan pemberian dari China. Fasilitas olahraga bernama Morodok Techo National Stadium itu dibiayai dan dibangun China sejak 2013. Setelah rampung, kini telah resmi diserahkan kepada Kamboja.

Pada saat prosesi upacara serah terima, Menteri Luar Negeri China Wang Yi mengatakan, proyek stadion ini didanai atas dasar kedekatan yang terjalin antara China dengan Kamboja.

Terlepas dari motif China sesungguhnya, Kamboja berencana menggunakan Morodok Techo National Stadium sebagai venue selaku tuan rumah SEA Games ke-32 pada 2023 mendatang.

Mengutip Insider, pembangunan stadion yang berlokasi di pinggiran Ibu Kota Phnom Penh ini menelan biaya 150 juta dollar AS atau sekitar Rp 2,1 triliun. Fungsi stadion ini tidak hanya untuk sepak bola, juga olahraga lain seperti atletik hingga renang.

Morodok Techo National Stadium dirancang layaknya kapal besar. Di dua sisi stadion terdapat bangunan layaknya haluan kapal dengan tinggi 324 kaki atau sekitar 98,7 meter.

Bentuk haluan kapal itu melambangkan "Sampeah", atau salam tradisional Kamboja dengan menempelkan masing-masing telapak tangan dan memposisikannya di depan dada sembari membungkuk.

Stadion yang memiliki lima lantai ini dikelilingi parit lebar yang disertai air mancur. Mengandung maksud untuk memberi penghormatan kepada Kuil Angkor Wat yang memiliki luas 500 hektar dan merupakan bangunan ikonik di Kamboja.

Morodok Techo National Stadium yang dapat menampung 60.000 orang ini memiliki lapangan sepak bola berstandar internasional, kolam renang berukuran Olimpiade, dan lintasan lari.

Selain itu, di dalamnya juga terdapat ruang pelatihan, gym, dan pusat olahraga air. Bahkan, dinilai Komite Penyelenggara SEA Games Kamboja bisa menjadi lokasi tuan rumah pertandingan basket, kriket, dan bulu tangkis.