Calon Ratu Belanda Tolak Uang Tunjangan Rp27 Miliar

Calon Ratu Belanda Tolak Uang Tunjangan Rp27 Miliar
Calon Ratu Belanda Putri Catharina Amalia

JAKARTA, SENAYANPOST.com - Calon Ratu Belanda, Putri Catharina Amalia memang masih berusia 17 tahun namun saat 7 Desember nanti usianya genap 18 tahun.

Melansir dari Vanity Fair, saat usianya menginjak 18 tahun, maka anak tertua dari Raja Willem Alexander dan Putri Maxima itu berhak mendapatkan tunjangan tahunan sebesar Rp27 miliar.

Tunjangan itu akan terus diberikan sampai Putri Catharina resmi mengambil tugas kerajaan resminya sebagai seorang ratu. Namun, dengan bijaknya Putri Catharina menolak tunjangan tersebut dengan menuliskan surat tulisan tangan kepada Perdana Menteri Belanda Mark Rutte, Jumat (11/6/2021) lalu.

"7 Desember nanti aku akan berusia 17 tahun dan secara hukum aku akan menerima tunjangan. Tapi aku tak nyaman selama aku tak melakukan apapun sebagai balasannya sementara yang lain memiliki periode waktu yang sulit karena COVID-19," bunyi isi surat Putri Catharina.

Putri Catharina bahkan siap membayar ganti rugi Rp5,7 miliar yang dipakainya untuk sekolah. Kini, usai menamatkan SMA dengan nilai cumlaude Putri Catharina memilih menunda kuliah selama setahun.

"Aku memang masih ingin belajar tapi tidak di sekolah meski aku menikmatinya selama 14 tahun terakhir ini. Aku ingin sedikit bepergian dan melakukan hal-hal yang mungkin tak akan bisa aku lakukan dalam waktu 20 tahun. Aku ingin berjelajah dan menemukan dunia," kata Putri Amalia saat diwawancarai oleh Netherland News Live.