Bus Terbalik di Pakistan, 20 Orang Tewas

Bus Terbalik di Pakistan, 20 Orang Tewas
Penduduk setempat mengumpulkan perbekalan di sebelah bus yang rusak di lokasi kecelakaan di Khuzdar, sebuah distrik terpencil di Provinsi Baluchistan barat daya Pakistan, Jumat, 11 Juni 2021. (AP)

JAKARTA, SENAYANPOST.com - Setidaknya 20 orang dilaporkan tewas dan 50 lainnya cedera setelah sebuah bus yang melaju dengan kecepatan tinggi terbalik di jalan raya dan jatuh ke jurang di daerah terpencil di barat daya Pakistan sebelum fajar, Jumat (11/6/2021).

Kecelakaan itu terjadi di Khuzdar, sebuah distrik di Provinsi Baluchistan, kata seorang polisi bernama Hafeez Ullah Mengal. Tim penyelamat mengangkut korban tewas dan luka-luka ke rumah sakit militer dan pemerintah, tambahnya.

Imam Bakhsh, salah satu penumpang yang terluka, mengatakan kepada Associated Press melalui telepon bahwa para penumpang telah berulang kali memperingatkan supir bus itu untuk lebih berhati-hati. Supir itu, menurutnya, asyik menikmati musik yang diputarnya dan mengemudi dengan ceroboh.

Bus itu sedang mengangkut pulang para peziarah Muslim ke Dadu, sebuah distrik di provinsi Sindh, setelah mengunjungi sebuah tempat suci seorang sufi. Bashir Ahmed, wakil komisaris di distrik Khuzdar, mengatakan supir bus itu kehilangan kendali saat berbelok tajam.

Ia mengatakan bus itu penuh sesak dan beberapa peziarah juga duduk di atapnya ketika kecelakaan itu terjadi. Ahmed mengatakan beberapa dari yang terluka terdaftar dalam kondisi kritis. Ia mengatakan supir bus juga termasuk di antara yang terluka.

“Tidak ada satu penumpang pun yang tidak mengalami cedera karena kecelakaan bus itu,” kata Ahmed dilansir VOA Indonesia. 

Ia mengatakan ribuan orang dari berbagai penjuru Pakistan mengunjungi tempat suci itu setiap tahun untuk berpartisipasi dalam pertemuan tahunan di sana.

Kecelakaan mematikan sering terjadi di Pakistan karena infrastruktur jalan yang buruk dan pengabaian peraturan lalu lintas. Bulan lalu, sebuah bus terbalik di jalan raya di distrik Sukkur, menewaskan 13 penumpang dan melukai 29 lainnya.

Kecelakaan bus terbaru itu terjadi hanya beberapa hari setelah sedikitnya 65 penumpang tewas dalam tabrakan mengerikan dua kereta di kota Ghotki di provinsi Sindh. 

Tabrakan itu terjadi di rel kereta yang bobrok ketika sebuah kereta ekspres menabrak kereta lain yang tergelincir beberapa menit sebelumnya.