Blue Origin Bakal Bawa Manusia Tertua dan Termuda ke Antariksa

Blue Origin Bakal Bawa Manusia Tertua dan Termuda ke Antariksa
Space.com

JAKARTA, SENAYANPOST.com - Blue Origin akan memecahkan rekor dengan membawa manusia termuda sekaligus tertua terbang menikmati wisata luar angkasa. Dua rekor tersebut diukir oleh Oliver Daemen yang berusia 18 tahun, putra dari CEO Somerset Capital Partners, Joes Daemen. Satu lagi Wally Funk, seorang pilot dan pionir penerbangan berusia 82 tahun.

Mereka akan mendampingi Jeff Bezos yang notabene orang terkaya di dunia dan pendiri Blue Origin, serta satu saudaranya yang bernama Mark Bezos.

Rekor tersebut akan semakin ciamik apabila penerbangan menggunakan New Shepard ini berhasil dilakukan pada 20 Juli mendatang. Mengingat ini adalah misi berawak pertama yang digelar Blue Origin dengan membawa manusia ke luar angkasa.

Penerbangan empat manusia tersebut menggunakan New Shepard dari Texas, Amerika Serikat, direncanakan dilangsungkan pukul 09.00 EDT (13.00 GMT) atau bagi masyarakat Indonesia yang menyaksikannya pada pukul 08.00 WIB.

"Saya tidak pernah berpikir saya akan bisa terbang," kata Funk.

Nenek satu ini harus menunggu 60 tahun lamanya untuk bisa mencapai luar angkasa. Sebelumnya, saat ia berusia 21 tahun, Funk adalah salah satu peserta yang ikut program pelatihan astronaut perempuan, Woman in Space. Sayang, mimpi Funk harus kandas.

Funk akan memecahkan rekor manusia tertua sebelumnya yang dipegang oleh John Glen yang ke antariksa menggunakan pesawat ulak-alik STS-95 pada usia 77 tahun.

Adapun, Oliver terbilang mengejutkan. Sebenarnya yang akan mendampingi Bezos adalah penumpang anonim yang memenangkan lelang USD 28 juta untuk terbang bersama Blue Origin. Akan tetapi dalam perkembangan terbaru, ia tidak jadi terbang sehingga digantikan oleh Oliver.

Ayah Oliver, Joes Daemen, yang juga mendaftar wisata luar angkasa, namun ia mengalihkan pada putranya. Tidak disebutkan berapa ia harus membayar, namun pastinya tidak murah.

"Saya super bersemangat untuk pergi ke luar angkasa. Saya sudah bermimpi tentang hal ini sepanjang hidup dan saya akan menjadi astronaut termuda karena saya 18 tahun. Saya super semangat untuk mengalami gravitasi nol," kata Oliver.