Bapak Pendiri Papua Nugini Michael Somare Meninggal Dunia

Bapak Pendiri Papua Nugini Michael Somare Meninggal Dunia
Michael Somare | The New Daily

JAKARTA, SENAYANPOST.com - Pendiri Papua Nugini yang juga perdana menteri pertama negara itu, Michael Somare, meninggal dunia, Jumat (26/2/2021), dalam usia 84 tahun.

Putri mendiang, Betha Somare, mengatakan, ayahnya didiagnosis menderita kanker pankreas pada awal Februari lalu.

Banyak warga Papua Nugini, kata Betha, menganggap ayahnya sebagai orangtua mereka. Somare punya jasa besar bagi negara kepulauan Pasifik itu. Dia memimpin dalam meraih kemerdekaan dari Australia pada 1975. Tak heran jika dia dipercaya menjadi perdana menteri Papua Nugini hingga empat kali.  

Saat Papua Nugini berada dalam cengkraman Australia, Somare menjadi menteri utama. Dia terakhir menjabat perdana menteri pada 2011.

Perdana Menteri Papua Nugini James Marape menyebut mantan pemimpin itu sekarang telah beristirahat dari penderitaan dan jerih payah hidup.

"Bangsa kita menghormati pemimpin besar ini, san pendiri dan perdana menteri terlama yang melayani negara ini," kata Marape, dalam pernyataan, seraya menyerukan masa berkabung nasional selama sepekan, seperti dikutip dari Reuters.

Perdana Menteri Australia Scott Morrison juga menyampaikan belasungkawa melalui cuitan. Dia menyebut Somare sebagai bapak pendiri Papua Nugini, negara yang demokratis dan independen, serta teman baik Australia.