Banyak Pengusaha yang Ingin Ikut Bangun Ibu Kota Baru

Banyak Pengusaha yang Ingin Ikut Bangun Ibu Kota Baru

JAKARTA, SENAYANPOST.com - Menteri PPN/Kepala Bappenas, Suharso Monoarfa, mengaku banyak didatangi kalangan investor swasta yang ingin ikut membangun ibu kota baru.

Meski tak merinci siapa saja dan berapa banyak pengusaha atau pun investor swasta yang menemuinya, Suharso mengatakan bahwa sudah lumayan banyak investor swasta yang menyatakan kesiapan untuk terlibat dalam pembangunan ibu kota negara (IKN).

“Nama pasti sudah ada tetapi tidak bisa disebutkan. Yang datang kepada saya sudah lumayan, saya pilih orang yang serius apakah nanti bentuknya rame rame satu grup, itu kan menarik,” kata Suharso seperti dilansir Antara, Rabu (7/4/2021).

Rencana pemerintah membangun ibu kota baru di Kalimantan Timur memberi peluang usaha, khususnya untuk sektor properti dan konstruksi. 

Menurutnya, ini lahan usaha baru yang bisa dimanfaatkan, di tengah kelesuan usaha akibat pandemi. 

“Ketika industri properti sedang turun, real estate, marketing turun kenapa tidak mereka bergerak di sana. Kalau mereka dikasih playing ground, mendorong tingkat produktivitas modal mereka, kemudian memperoleh laba, itu kan objek pajak,” ujarnya.

Sebelumnya, Suharso Monoarfa mengatakan, pemerintah akan memulai pembangunan atau groundbreaking Istana Kepresidenan di ibu kota baru pada tahun ini. Hal ini dilakukan jika persiapannya sesuai rencana dalam masterplan.

"Kalau semuanya berjalan dengan baik dan sesuai dengan rancangan di masterplan yang disusun, dan detail plan yang sudah disiapkan. Kami optimis mudah-mudahan Istana Presiden bisa di groundbreaking pada tahun ini," ujar Suharso saat rapat kerja dengan Komisi XI DPR RI, Rabu (17/3).

Kepala Bappenas itu pun berharap, target pembangunan Istana Presiden di ibu kota baru itu bisa selesai pada 17 Agustus 2024. Sehingga saat itu Presiden Jokowi sudah bisa memimpin Upacara HUT ke-79 Kemerdekaan Indonesia dari Istana Presiden di ibu kota baru, Kalimantan Timur.