Bantah Tudingan Ratna Sarumpaet, Ini Penjelasan World Bank

Bantah Tudingan Ratna Sarumpaet, Ini Penjelasan World Bank

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Ratna Sarumpaet kembali bikin geger. Kali ini dia menuding pemerintah memblokir rekening warga senilai Rp23,9 triliun. Warga bernama Ruben PS Marey mendatangi Ratna Sarumpaet Crisis Center (RSCC) dan menduga dana di rekeningnya untuk bantuan Papua telah diblokir sepihak.

Uang itu, kata Ruben, ditransfer oleh World Bank atau Bank Dunia ke rekening pribadinya. Berdasarkan laporan ini, Ratna menuding pemerintahan Presiden Jokowi telah memblokir rekening nasabah sebuah bank.

Namun, Bank Dunia membantah tudingan tersebut. Tuduhan tersebut keliru karena Bank Dunia tidak terlibat transaksi dengan perorangan.

“Terkait dengan tuduhan yang keliru baru-baru ini bahwa Bank Dunia terlibat transaksi keuangan dengan pihak perorangan di Indonesia, dengan ini Bank Dunia kantor Jakarta memberikan klarifikasi bahwa tuduhan tersebut tidak benar,” bunyi keterangan tertulis Bank Dunia, Jumat (21/9/2018).

Bank Dunia bukan merupakan bank pada umumnya yang memiliki kemampuan untuk menghimpun dana masyarakat dan menyalurkannya. Bank Dunia merupakan sebuah lembaga yang bertugas membantu penanggulangan kemiskinan dan pembangunan di negara berkembang.

“Bank Dunia bukan merupakan bank dalam arti yang biasa. Sistem keseluruhan dari Bank Dunia didesain dan dilaksanakan untuk mendukung upaya penanggulangan kemiskinan serta mendukung pembangunan negara-negara berkembang di dunia, bukan dengan pihak perorangan,” tulis keterangan tersebut.