Babel Tuan Rumah Festival Olahraga Tradisional Nasional

Babel Tuan Rumah Festival Olahraga Tradisional Nasional

BABEL, SENAYANPOST.com – Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (babel) ditetapkan Kementerian Pemuda dan Olahraga sebagai tuan rumah Festival Olahraga Tradisional (FOT) tingkat Nasional pada Agustus 2020 di Belitung Timur.

“Ribuan peserta FOT nasional akan mengunjungi Belitung Timur pada Agustus tahun ini sehingga dapat meningkatkan kunjungan wisatawan ke daerah ini,” ujar Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Kepulauan Babel, Soharto, saat pembukaan FOT tingkat Provinsi Kepulauan Babel, di Manggar, Selasa (10/3/2020).

Menurutnya, selain untuk menumbuhkan kembali minat anak-anak khususnya pelajar untuk bermain permainan tradisional, festival olahraga ini juga sebagai persiapan pemerintah daerah dalam menghadapi FOT nasional nanti.

“Minat anak-anak pelajar untuk berolahraga atau permainan tradisional saat ini sudah berkurang dan mereka lebih menyukai permainan yang bersifat teknologi,” ujarnya.

Dikatakannya, olahraga tradisional Indonesia khususnya Babel ini sangat banyak sekali, dimulai terompah panjang, gasing, bakiak, kereta sorong hingga pencak silat. Diharapkan, melalui FOT ini dapat mengangkat olahraga tradisional ini kembali menjadi prestasi dan dikenal dunia internasional.

Baca Juga

“Saat ini olahraga dan permainan tradisional semakin punah, karena perkembangan teknologi. Oleh karena itu, pemerintah daerah dengan Kemenpora terus berupaya olahraga tradisional hilang dan punah di masyarakat,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Gubernur Kepulauan Babel, Abdul Fatah, merasa senang dan bangga berada di tengah generasi muda pewaris seni budaya bangsa, karena mereka generasi penerus yang akan menjaga, memelihara, mewarisi, dan meneruskan warisan seni dan budaya, salah satunya dengan melalui FOT.

“Warisan budaya ini harus dijaga dan dilestarikan secara terus menerus. Oleh sebab itu, tunjukkan segala kemampuan dan kelebihan budaya yang dimiliki setiap daerah masing-masing,” pesan Abdul Fatah.