Apple Dikabarkan Menggarap Fitur Deteksi Kecelakaan Mobil

Apple Dikabarkan Menggarap Fitur Deteksi Kecelakaan Mobil
Trend Fool

JAKARTA, SENAYANPOST.com - Apple dilaporkan sedang mengerjakan fitur iPhone dan Apple Watch baru yang mendeteksi jika Anda mengalami kecelakaan mobil. Fitur ini bisa menghubungkan kepada bantuan 911 secara otomatis.

Rencana Apple saat ini adalah meluncurkan fitur seperti itu tahun depan, menurut The Wall Street Journal.

Banyak mobil di jalan saat ini tidak dilengkapi dengan fitur konektivitas apa pun. Dilansir dari The Verge, Selasa (2/11/2021), maraknya penggunaan smartphone yang tidak aman di mobil membuka jalan bagi sistem integrasi seperti CarPlay dan Android Auto, yang pertama muncul di hampir 80 persen kendaraan baru pada 2020. Membangun fitur deteksi tabrakan baru ke iPhone bersama CarPlay dapat mendukung proyek “IronHeart” Apple.

Proyek ini dikabarkan untuk menghubungkan ponsel dengan pengaturan mobil menggunakan cara yang sama seperti HomeKit mengontrol speaker dan pencahayaan pintar. Apple menargetkan aliran pendapatan tahunan dua miliar dolar Amerika Serikat (AS) yang dibawa GM dengan OnStar bersamaan fitur bawaan ini. 

Sementara itu, deteksi kecelakaan Apple tidak selalu berfungsi sebagaimana mestinya di masa lalu. Apple telah bertahun-tahun mengumpulkan data dan analitik pada pengguna iOS dan watchOS yang bersedia. Masih harus dilihat seberapa akurat Apple dapat mendeteksi tabrakan mobil, apalagi orang jatuh.

Baca Juga

Berbicara dari pengalaman pribadi, penulis The Verge jatuh dari skuter pada Februari 2020 mengenakan Apple Watch Series 4 dan perangkat siap untuk memanggil layanan darurat sampai dia mengetuk tombol “Saya baik-baik saja”. Namun, dalam sebuah insiden lain, Apple Watch Series 7 miliknya tidak menawarkan bantuan.

Merek lain, aplikasi keamanan pribadi Google di ponsel Pixel sudah menyertakan fitur untuk meminta bantuan saat mendeteksi tabrakan mobil, seperti halnya layanan mobil terhubung di kendaraan modern, termasuk OnStar GM, Starlink Subaru, dan Uconnect Fiat Chrysler.