HASIL LIGA INGGRIS

Alisson Becker Cetak Gol, Liverpool Menang 2-1 Lawan West Brom

Alisson Becker Cetak Gol, Liverpool Menang 2-1 Lawan West Brom
Evening Standard

JAKARTA, SENAYANPOST.com - Liverpool diselamatkan oleh gol tandukan kiper Alisson Becker untuk meraih kemenangan 2-1 saat bertandang ke kandang West Brom di Stadion Hawthorns, Ahad (16/5/2021) malam WIB.

Hal Robson-Kanu membuka skor bagi tuan rumah tetapi Mohamed Salah mencetak gol balasan The Reds pada babak pertama.

Gol tersebut membuat Salah kini sejajar bersama Harry Kane di puncak daftar top skor Liga Inggris dengan torehan 22 gol.

Laga lalu berakhir secara dramatis dengan kiper Liverpool Alisson Becker mencetak gol kemenangan The Reds pada injury time babak kedua.

West Brom mengejutkan Liverpool dengan mencetak gol pertama laga lewat kaki Hal Robson-Kanu.

Penyerang yang melakoni start pertamanya di Premier League dalam tiga tahun terakhir ini menaklukkan kiper Alisson dengan tenang menggunakan kaki kiri setelah ia mendapat ruang di belakang pertahanan The Reds.

Ini merupakan gol pertama Robson-Kanu di kasta teratas Liga Inggris sejak November 2017. Namun, Liverpool menggigit balik lewat gol ke-22 Mo Salah musim ini. Penyerang asal Mesir itu mendapatkan bola hasil sontekan Sadio Mane di ujung kotak penalti West Brom.

Tanpa mengontrol si kulit bundar, Salah langsung melepas tembakan melengkung yang menaklukkan kiper Sam Johnstone.

Ini merupakan gol ke-125 Salah bagi Liverpool di semua kompetisi. The Reds lalu sempat mengambil keunggulan apabila tembakan Roberto Firmino tidak mengenai mistar.

Babak pertama pun berakhir sama kuat 1-1. Liverpool sempat menceploskan bola pada awal babak kedua. Mo Salah melepas umpan silang manis dengan kaki kanan dari sisi kanan penyerangan.

Bola lalu disambar masuk Mane di tiang jauh. Akan tetapi, gol langsung dianulir karena penyerang asal Senegal tersebut sudah berada di posisi offside.

Mane lalu menemukan ruang untuk berlari ke pertahanan West Brom dan memberi umpan terobosan ke Salah. Namun, Salah langsung ditutup dua pemain lawan dan bola bergulir melewati garis gawang untuk goal kick.

Liverpool lalu menciptakan skenario fast break cepat dari sepak pojok West Brom. Serangan diinisiasi oleh Trent Alexander-Arnold yang menggiring bola hampir setengah lapangan. Ia lalu memberi umpan terobosan ke Mo Salah, tetapi tembakan penyerang asal Mesir itu dari sudut sempit masih tepat ke pelukan Johnstone.

Klopp lalu membuat pergantian pertama pada satu jam laga, gelandang Curtis Jones ditarik untuk pemain yang lebih ofensif, Xherdan Shaqiri.

Pada menit ke-70, West Brom tampak kembali unggul. Bermula dari situasi sepak pojok, Kyle Bartley menusuk bola dari jarak dekat memanfaatkan sundulan Ajayi.

Akan tetapi, gol tersebut dianulir VAR karena gelandang West Brom Matt Phillips dianggap menghalangi pandangan kiper Alisson.

Tak sampai dua menit kemudian, Firmino lalu menguji kiper West Brom dengan tembakan dari sudut sempit. Namun, tembakan kaki kiri sang penyerang masih lebar.

Pada menit ke-78, Thiago lalu mencoba peruintungan dengan tembakan dari luar kotak penalti setelah ia mengecoh bek lawan. Lagi-lagi, usaha The Reds itu masih belum tepat sasaran.

Empat menit kemudian, giliran Trent Arnold yang mendapat kosong di sisi kanan penyerangan. Ia menggerakkan bola ke kaki kiri di dalam kotak penalti tetapi, seperti usaha para pemain Liverpool lain, usahanya dari jarak dekat masih melambung tinggi.

Thiago akhirnya bisa mencatatkan usaha tepat sasaran pada lima menit terakhir laga. Namun, tembakan jarak jauhnya masih bisa ditepis kiper Johnston untuk sepak pojok ke-11 Liverpool pada laga tersebut.

Gini Wijnaldum lalu dapat kesempatan besar berikut. Sang pemain pengganti mendapat bola dari sentuhan Salah tetapi tembakannya dari garis ujung kotak penalti masih melebar jauh.

Laga hampir berakhir imbang sebelum Alisson Becker maju untuk menyambut sepak pojok ke-13 The Reds pada masa injury time.

Luar biasanya, kiper asal Brasil itu menanduk masuk sepak pojok Trent untuk memastikan The Reds membawa pulang tiga poin penuh.