Alasan Polisi Lakukan Penggolongan SIM C1 dan C2

Alasan Polisi Lakukan Penggolongan SIM C1 dan C2
SIM C

JAKARTA, SENAYANPOST.com - Bulan depan penerapan penggolongan SIM C mulai diberlakukan. Demikian seperti diungkap Kasi Standar Pengemudi Subdit SIM Regident Korlantas Polri, AKBP Arief Budiman kepada kumparan.

Jelasnya usai aturan baru berupa Perpol 5 Tahun 2021 tentang Penandaan dan Penerbitan SIM, yang ditandatangani Februari 2021 diundangkan, ada tahapan sosialisasi termasuk persiapan alat pendukung tata cara penerbitan SIM baru. Termasuk SIM C, C1, dan C2.

"Masanya ini minimal enam bulan atau sampai semua hal pendukungnya siap. Target awal Agustus, apakah awal, pertengahan atau akhir, nanti kita lihat. Selain sosialisasi kami juga sedang menyediakan peranti lunak, SDM, sarana, dan prasarana untuk pelaksanaan di wilayah," terangnya, Selasa (13/7).

Lalu kenapa ada penggolongan SIM C, SIM C1, dan SIM C2?

Berdasarkan Pasal 3, SIM C dibagi menjadi tiga golongan: C, C1, dan C2. SIM C untuk mengemudikan motor sampai kapasitas mesin 250 cc, SIM C1 untuk motor 250-500 cc dan berdaya listrik, serta SIM C2 untuk motor di atas 500 cc juga yang sejenisnya pakai daya listrik.

Arief menambahkan, penggolongan SIM C dibuat untuk mengklasifikasi kompetensi pengendara motor. Sebab mengendarai motor berkapasitas kecil hingga tinggi, membutuhkan keterampilan dan keahlian yang berbeda. 

Sehingga tujuan akhirnya juga untuk meminimalisasi potensi kecelakaan akibat kurangnya kompetensi pengendara.

"Buktinya tak semua pengendara motor kecil berani dikasih motor besar. Jadi kalau keahliannya motor kecil, tidak boleh bawa motor besar karena bisa berbahaya buat dirinya dan orang lain," terangnya. (Kumparan)

Boleh dibilang, penggolongan SIM untuk motor ini seperti mobil beroda empat atau lebih. Jadi misalnya SIM A untuk mobil biasa, maka akan berbeda ketika akan membawa bus atau truk, karena harus memiliki SIM B1 atau B2 tergantung klasifikasi kendaraannya.

"Karena belum tentu orang bisa bawa mobil kecil bisa bwa bus atau truk," imbuhnya.

Kemudian bicara penerbitan SIM C1 dan C2 juga hampir mirip dengan B1 maupun B2, harus bertahap. Untuk memiliki SIM C1, harus memiliki SIM C dulu selama setahun dan saat pengajuan peningkatan SIM C ke SIM C1 wajib berusia minimal 18 tahun.