Alasan Marshanda Jalani Terapi Ketamin di Amerika Serikat

Alasan Marshanda Jalani Terapi Ketamin di Amerika Serikat
Marshanda

JAKARTA, SENAYANPOST.com - Aktris Marshanda mengungkapkan terapi yang dijalaninya selama sebulan di Amerika Serikat. Selama di sana, Marshanda menjalani terapi pendukung sebagai bagian dari pengobatan bipolarnya. Salah satu terapi yang dijalaninya adalah terapi ketamin.

“Di Indonesia masih ilegal, kalau penggunaan di Amerika sudah legal. Ketamin ini bisa buat obat bius. Dokter, klinik, psikiater punya treatment ini buat orang yang punya depresi. Aku ngejalaninnya dua kali seminggu, jadi selama dua minggu ada empat sesi,” ujar Marshanda saat menjadi bintang tamu di kalan YouTube Maia AlElDul TV, Senin, 25 Oktober 2021.

Selama menjalani terapi ketamin, Marshanda dimasukkan cairan ketamin dalam tubuhnya dengan cara diinfus. Selama 50 menit, ia seperti mendapat pengelihatan dan mimpi. “Aku masih sadar, enggak hilang. Kayak mimpi tapi aku sadar,” ujarnya.

Terapi kedua yang ia jalani di Amerika Serikat adalah terapi Light and Sound Healing Therapy. Untuk terapi ini, ia diharuskan duduk di dalam kotak selama satu jam. “Diekspose cahaya dan musik, ada frekeuensinya, targetnya sesuai kebutuhan kita. Kalau buat depresi beda hertz nya,” ujarnya.

Saat tampil di acara Tonight Show, Kamis 21 Oktober 2021, Marshanda menceritakan perjalanannya ke Amerika sebagai bagian dari usahanya untuk menurunkan dosis obat-obatan bipolarnya. Usaha ini dilakukan, agar saat dosis obatnya dikurangi, ia tidak akan terguncang atau mengalami mood yang berubah-ubah. “Nurunin obat penenang, rasa-rasa yang tadinya enggak muncul, jadi muncul. Finally breakdown, I’m human,” ujar ibu satu anak ini.

Terapi Ketamin ini menurut Marshanda sudah dapat dirasakan olehnya. Menjalani empat kali terapi Ketamin, Marshanda mengaku akan melakukan booster jika waktunya ada. “Efeknya, therapy ngebantu banget, dulu turun dosis 0,5 mg uring-uringan gila. Sekarang, turun, smooth aja,” katanya.

Marshanda memutuskan melakukan perjalanan ke Amerika Serikat sendirian selama satu bulan untuk menjalani terapi healing. Keputusannya ini diambil setelah Marshanda bertekad melepas ketergantungan terhadap obat-obatan penyakit gangguan bipolar yang biasa dikonsumsinya semalam bertahun-tahun.

"Gue mau jalanin ke Amerika ini untuk heal my self, gue akan jalanin beberapa healing therapy secara medis dan alternatif, ada energy healing juga," kata Marshanda di kanal YouTube Marshed yang diunggah pada Sabtu, 28 Agustus 2021.

Marshanda berangkat ke Amerika pada Minggu, 29 Agustus 2021. Ia berangkat tanpa ditemani siapapun dan akan kembali ke Jakarta pada 27 September. Sebelum ke bandara, Marshanda terlebih dulu mengunjungi putrinya, Sienna yang tinggal bersama Ben Kasyafani dan istri, Nesyana Ayu Nabila. Sienna dan Nesyana memberikan dukungan kepada Marshanda agar perjalanannya ke Amerika berjalan lancar.