Akui 10 Tahun Tak Keluar Pulau Jawa, Ini Kisah Sophia Latjuba Fobia Naik Pesawat

Akui 10 Tahun Tak Keluar Pulau Jawa, Ini Kisah Sophia Latjuba Fobia Naik Pesawat
Sophia Latjuba

JAKARTA, SENAYANPOST.com - Artis peran Sophia mempunyai fobia (ketakutan berlebih) naik pesawat terbang atau biasa disebut Aerophobia. Gara-gara Aerophobia atau disebut juga Aviophobia, mantan istri Indra Lesmana ini harus rela tak keluar Pulau Jawa selama 10 tahun.

Dia mengatakan itu saat ngobrol dengan Anang Hermansyah melalui Ngobrol Asix, Selasa (26/10/2021). "Aku tuh ada kali 10 tahun tuh enggak keluar dari Pulau Jawa karena takut naik pesawat," kata Sophia.

Jika diharuskan untuk pergi ke luar negeri, Sophia harus mengonsumsi obat penenang sebelum naik pesawat. "Jadi sampai sebelum take off itu minum dulu, bukan obat tidur ya, tapi obat penenang. Jadi bisa agak bikin calm," kata Sophia.

Obat penenang jadi satu-satunya solusi Sophia Latjuba untuk mengatasi fobianya. Sebelumnya, ibu penyanyi Eva Celia ini pernah coba mengonsumsi obat tidur sebelum pemberangkatan pesawat terbang.

Namun, obat tidur nyatanya tak mampu mengatasi kepanikannya karena harus bepergian melewati jalur udara. "Kalau obat tidur kan bikin tidur tapi hatinya enggak tenang, tetap deg-degan. Pernah coba waktu itu," ujarnya.

Hingga detik ini, Sophia Latjuba sendiri tak mengerti mengapa dapat memiliki Aerophobia. Ibu penyanyi Eva Celia ini bahkan tak pernah menanyakan ini kepada ahli media seperti psikolog atau terapis.

Selama ini, Sophia Latjuba menduga semua ini terjadi setelah memiliki anak.

"Enggak tahu, enggak pernah ke psikolog atau terapis gitu untuk ngecek kenapa takut naik pesawat," kata Sophia.

Selama ini mantan istri Indra Lesmana tersebut menduga rasa takut terbang itu ada kaitannya dengan kehadiran Eva Celia dalam hidupnya.

"Iya itu fobia, mungkin karena tiba-tiba punya anak terus naik pesawat itu bisa enggak in control, terus kalau ada apa-apa ninggalin anak," kata Sophia Latjuba.

Ketakutan itu datang ketika Eva Celia masih berumur 2 tahun. "Iya itu fobia, mungkin karena tiba-tiba punya anak, terus naik pesawat itu bisa enggak in control, terus kalau ada apa-apa ninggalin anak," paparnya.

Kini, Sophia Latjuba masih merasa takut terbang hingga selalu menghindari perjalanan udara. Hingga pada suatu saat dia harus pindah ke Amerika Serikat untuk tinggal di sana.