5000 Pasar Rakyat Tradisional Bakal Direvitalisasi

5000 Pasar Rakyat Tradisional Bakal Direvitalisasi

MALANG, SENAYANPOST.com – Ribuan pasar rakyat bakal direvitalisasi. Pemerintah menyatakan akan melakukan pembangunan atau revitalisasi pasar rakyat baik secara fisik maupun nonfisik sebanyak 999 pasar rakyat pada 2019, dimana langkah tersebut untuk menuntaskan target revitalisasi 5.000 pasar rakyat.

Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan Tjahya Widayanti mengatakan bahwa, pihaknya pada 2019 akan melakukan revitalisasi fisik pasar dengan membangun pasar rakyat prototipe tipe C, yang dibiayai dari Dana Alokasi Khusus (DAK) dan dana Tugas pembantuan (TP).

“Kami yakin, target pembangunan atau revitalisasi pasar rakyat dapat tercapai dan memenuhi target 5.000 pasar rakyat,” kata Tjahya, Jumat (14/12/2018).

Tjahya menjelaskan, sebanyak 184 pasar rakyat akan direvitalisasi menggunakan dana TP dengan anggaran mencapai Rp1,159 triliun. Sementara untuk sisanya, atau 815 pasar lainnya, akan menggunakan alokasi DAK, dengan total anggaran Rp1,302 triliun.

Sebagai catatan, pasar rakyat dengan tipe C merupakan pasar dengan luas lahan kurang lebih 500 meter persegi dengan jumlah pedagang minimal 50 pedagang dan beroperasi dua kali sepekan.

Baca Juga

Untuk revitalisasi nonfisik pasar rakyat, Kementerian Perdagangan akan mengambil beberapa langkah. Diantaranya adalah melakukan pelatihan pengeloaan manajemen pasar untuk 300 pengelola pasar rakyat, melakukan kegiatan aktivasi-aktivasi di pasar untuk menarik konsumen supaya berbelanja di pasar rakyat.

Selain itu, melakukan kegiatan Sekolah Pasar ke para pedagang untuk meningkatkan kemampuan pedagang dalam berdagang dan melayani para konsumen dengan standard yang lebih baik, dan melakukan pelatihan e-pembayaran atau retribusi kepada pengelola pasar dan pedagang.

“Kemudian, melakukan pendampingan kepada Pemerintah Daerah dan pengelola pasar untuk mendapatkan Sertifikasi Pasar Rakyat berstandard SNI 8125,” kata Tjahya.

Selain itu Kementerian Koperasi dan UKM juga melakukan program revitalisasi pasar rakyat, namun jumlahnya tidak sebanyak yang berada di bawah tanggung jawab Kementerian Perdagangan. Sehingga, secara keseluruhan pada 2019 akan ada pembangunan atau revitalisasi pasar rakyat sebanyak 1.037 pasar.

Dalam kurun waktu 2015-2019, total pendanaan untuk melakukan pembangunan dan revitalisasi pasar rakyat mencapai Rp12,74 triliun, dengan total jumlah pasar yang direvitalisasi sebanyak 5.218 pasar, atau di atas target yang ditetapkan yakni 5.000 pasar rakyat. (MU)