2070 Warga Jepang Tinggalkan Indonesia, Imigrasi: Bukan Eksodus

2070 Warga Jepang Tinggalkan Indonesia, Imigrasi: Bukan Eksodus
Imigrasi Bandara Soetta

JAKARTA, SENAYANPOST.com - Tangerang-Kantor Imigrasi Kelas 1 Khusus Bandara Soekarno-Hatta mencatat sebanyak 2.070 Warga Negara Jepang meninggalkan Indonesia secara bergelombang selama 13-21 Juli 2021.

"Mereka meninggalkan Indonesia bukan karena eksodus," ujar Kepala Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian, Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Soekarno-Hatta, Sam Fernando kepada TEMPO, Kamis 22 Juli 2021.

Orang-orang Jepang itu, kata Sam, memang pulang ke negaranya dengan alasan bermacam-macam. Ada yang memang karena pandemi, karena kontrak kerja yang sudah habis dan sebagainya.

Meski banyak yang meninggalkan Indonesia, namun ada juga WNA Jepang yang datang ke Indonesia. Tercatat 152 warga Jepang datang ke Indonesia selama 13-21 Juli.

Sam juga membantah kabar ribuan WNA Taiwan meninggalkan Indonesia dengan menyewa pesawat. Hanya ada puluhan orang Taiwan yang pulang ke negaranya.

Selain keluarnya warga negara Jepang, Imigrasi Soekarno-Hatta mencatat, sebanyak 64 WNA Taiwan meninggalkan Indonesia melalui Bandara Soekarno-Hatta sejak 13 Juli lalu. "Mereka menggunakan pesawat reguler (bukan sewa)," kata Sam. 

Apa Reaksi Anda?

like
0
Suka
funny
0
Lucu
wow
0
Wow
sad
0
Sedih
angry
0
Marah

Komentar