11 Tentara Tewas Tertimbun Longsor di Barak Militer Vietnam

11 Tentara Tewas Tertimbun Longsor di Barak Militer Vietnam
Tentara Vietnam yang ditemukan tewas akibat tertimbun longsor (foto inews)

JAKARTA, SENAYANPOST.com - Setidaknya 11 tentara Vietnam tewas akibat tanah longsor di Provinsi Quang Tri, Minggu (18/10/2020).

Longsor yang terjadi pada dini hari menimbun barak militer yang saat itu dihuni 22 tentara. Sebanyak 11 lainnya masih hilang.

Hujan deras mengguyur Quang Tri selama sepekan terakhir menewaskan setidaknya 64 orang. Para korban bukan hanya terdampak banjir tapi juga longsor.

"Sejak pukul 02.00, terjadi empat sampai lima kali tanah longsor, meledak seperti bom dan rasanya seluruh gunung akan runtuh," kata pejabat pemerintah setempat, Ha Ngoc Duong, kepada VnExpress, seperti dilaporkan kembali AFP.

Begini Penampakan Sukajaya Bogor yang Terisolasi akibat Longsor

Juru bicara pemerintah mengatakan sejauh ini sebelas jenazah ditemukan dan pencarian korban hilang masih dilakukan dengan kehati-hatian yang tinggi karena kondisi tanah labil.

Permukaan sungai di Quang Tri mencapai titik tertinggi dalam 20 tahun terakhir. Otoritas manajemen bencana menaikkan peringatan risiko ke tingkat tertinggi kedua pada Minggu, meminta warga mewaspadai banjir dan tanah longsor susulan.

Vietnam rentan terhadap bencana alam dan setiap tahun diterjang belasan kali badai yang memicu banjir dan tanah longsor. Lebih dari 130 orang tewas atau hilang dalam bencana alam di seluruh Vietnam sepanjang 2019.